Rilis Subtitle Indonesia DebConf12 Bits from DPL

Salam,

Hari ini saya putuskan untuk merilis terjemahan subtitle Bahasa
Indonesia, Bits from DPL oleh Stefano Zacchiroli, dalam DebConf12.

https://github.com/za/debconf12

Bagi yang belum mengunduh videonya, bisa akses cermin IIX nya di sini:

* http://suro.ubaya.ac.id/pub/debconf/
* http://za.cindai.web.id/video/debconf12/

Tulisan terkait di blog saya:
Semoga bermanfaat.

http://blogs.itb.ac.id/zakiakhmad/2012/11/28/rilis-subtitle-indonesia-bit-dari-dpl-dalam-debconf12/

Hari ini saya merilis terjemahan <a
href="https://github.com/za/debconf12";>subtitle Bahasa Indonesia, Bit
dari DPL, DebConf12</a>.

I think we should really stop using the lack of manpower as an excuse

Kita harus berhenti beralasan kurangnya SDM. Mengapa? Ini jawabannya.

we are a volunteer project: we will always lack manpower to do something

Lalu hal lain lagi yang menarik dari pembicaraan Stefano Zacchiroli
adalah soal rasa bangga dari apa yang kita lakukan.

like pride in what you do, being recognized for the work you do

Menarik kan isi pembicaraannya? Untuk lengkapnya, silakan coba
saksikan sendiri.

Saya sudah menonton ulang satu kali dengan subtitle Bahasa Indonesia
saat revisi akhir. Posisi subtitle masih bisa diperbaiki dengan
merapikan baris-baru. Bagi yang belum mengetahui soal DebConf, bisa
lihat tulisan lama saya soal <a
href="http://blogs.itb.ac.id/zakiakhmad/2012/09/21/videodebconf12/";
/>DebConf</a>.

Subtitle hanya berhenti di [36:04:00], untuk sesi tanya jawab belum
dibuat subtitle Bahasa Inggris-nya, jadi saya pun juga berhenti.
Membuat waktu yang presisi untuk subtitle ini bukan perkara mudah.

Saya pernah mencoba membuat subtitle video dengan durasi 5 menit saja,
memakan waktu yang lama. Pertama menulis Bahasa Inggris-nya. Lalu
mencocokkan dengan waktu. Baru langkah terakhir menerjemahkan.

Selamat menonton video ini dengan subtitle. Semoga dengan kontribusi
saya ini, Debian bisa lebih dikenal di Indonesia, dan lebih banyak
kontributor Debian dari Indonesia.

Oh ya, silakan clone repositori git saya ini, dan jika ada revisi
perbaikan silakan ajukan permintaan <em>pull</em>.

--
Zaki Akhmad