nyalain sound di debian

yth rekan2 milis

saya punya sistem AMD Athlon XP 1800+ dengan m/b Gigabyte GA7VA. Saya udah
instal debian 3.0 woody tapi nggak ada suaranya. Sound card saya AC97
(internal), biasanya di Mandrake 9 atau RH 9 dikenali sbg via82xx dng driver
ALSA 0.9, tapi di Debian saya nggak tau gimana caranya nyalainnya.
Tiap kali masuk KDE selalu muncul pesan : "... /dev/dsp cannot be opened
(permission denied)..." (kurang lebih begitu, saya lupa gmn detilnya). Saya
coba login sbg root tapi tetap saja tidak bisa.

Mohon petunjuknya rekan2 sekalian...

PS: saya punya mouse scroll juga ngga bisa dipakai wheelnya, karena saya
pilih protokol PS/2. Supaya bisa dipakai mesti pilih protokol yg mana? thx.