Re: GSoC 2013 di Debian

Menarik, tapi sayangnya saya juga bukan mhs lagi, atau tepatnya blm jd mhs lg :-)

-Hasbi

2013/4/13 Iwan Setiawan <stwn@duniasemu.org>
Kawan-kawan Debian-ID,

Mau tanya nih. Apa ada di milis ini yang tertarik untuk ikut Google Summer of Code
(GSoC) 2013 di proyek Debian? Khususnya yang masih berstatus mahasiswa
(S1, S2, S3). Saya sendiri tidak bisa ikut, karena statusnya bukan mahasiswa,
atau belum menjadi mahasiswa lagi. #uhuk

Ada banyak judul proyek[1] yang bisa dilakukan di Debian dalam skema GSoC 2013,
sila dipilih sesuai minat.

Saya pribadi tertarik pada judul "Enabling free multimedia real-time communications
(RTC) with Debian" dengan mentor Daniel Pocock. Sepertinya tidak susah, minimal
bisa dicapai:

"Deliverables of the project: contribution to a strategic roadmap for RTC in Debian.
Improvement or addition of at least one package in such a way as to help fulfill
the strategy."

Dari yang saya baca, bisa disimpulkan yang dibutuhkan di topik RTC tersebut
"hanya" 3 saja yaitu, pemaketan, pengujian, dan integrasi. Kontribusi minimal 1
paket Debian dari hasil pengujian dan konfigurasi integrasi.

Ini masih dalam kerangka pikiran saya saja, dan berkaitan dengan kemampuan
saya yang terbatas. Bisa saja nanti ada kontribusi pemrograman ke modul
WebRTC di Drupal, tentu jika mahasiswa yang melamar memiliki kemampuan
itu dan bisa didorong untuk melakukannya.

Karena itu proposal perlu dibuat dulu supaya ada "batasan masalah", dan
dikonsultasikan ke mentor, dengan templat aplikasi yang sudah disediakan
di wiki[2].

Daniel, sebagai mentor, sudah menuliskan tips untuk GSoC ini[3] di situs pribadinya.
Sebagai awalan, Ia meminta calon mahasiswa GSoC untuk:
1. memasang Debian 7.0 (wheezy),
2. menggunakan Debian 7.0 (wheezy),
3. mencoba melakukan pemaketan, dengan contoh reSIProcate.

Jika ada yang berminat untuk melamar dengan topik ini pada GSoC 2013 di proyek
Debian, saya bersedia untuk ikut membantu. Dan saya lihat belum ada[4] yang
melamar untuk topik ini.

O iya, berkaitan dengan komunitas Debian-ID, saya malah dapat ide untuk rame-
rame membantu mahasiswa dari Indonesia yang melamar GSoC pada proyek Debian.
Kan Debian-ID punya banyak para ahli, ada Debian Maintainer, praktisi-praktisi, dll.

Jadi, nanti yang melamar GSoC cuma 1 atau 2 mahasiswa, tapi dibelakangnya
banyak orang sebagai mentor bayangan :D Dan Ini bisa jadi agenda tahunan bagi
Debian-ID sendiri.

Terakhir, mengutip dari kata-kata Daniel untuk calon mahasiswa yang berminat:

"The key concept here is to be a self-starter: it is not what you know, but your
enthusiasm to go and try the things you don't know."

Terima kasih telah membaca dan maaf jika surel terlalu panjang.

Salam Debian dari Purwokerto.

[1] http://wiki.debian.org/SummerOfCode2013/Projects
[2] http://wiki.debian.org/SummerOfCode2013/StudentApplicationTemplate
[3] http://danielpocock.com/google-summer-of-code-tips-for-students