Askari

Dari: Iwan Setiawan <stwn@kuliax.org>
Kepada: debian-user-indonesian@lists.debian.org
Cc: askariazikin@yahoo.com
Dikirim: Minggu, 23 Desember 2012 9:39
Judul: Re: Menulis Ulang Panduan Debian GNU/Linux

Pada 21/12/12 14:03, Mahyuddin Susanto menulis:

> Saya CC ke mas Askari Azikin. untuk masalah lisensinya saja yah.
>
> Untuk lisensi 'porting' nya.. ada usulan? yang penting bisa di share,
> modify dan tetap pada garis DFSG.

Saya mengusulkan lisensi CC BY-SA 3.0[1] untuk hasil akhir dari proyek ini. Jadi, karya asli dari mas Askari minimal berlisensi kompatibel dengannya *kok maksa :D*

Kalau memang ternyata ada pembatasan dari pembuat karya aslinya, _mungkin_ para kontributor bisa menulis ulang kontennya

FYI, lisensi CC BY-SA mirip dengan GNU GPL untuk karya kreatif seperti tulisan dan buku. Semua orang dapat menyalin, menyebarkan, menampilkan, menggubah, memodifikasi, dan membuat turunan dari karya dengan memberikan kredit pada pembuatnya, serta penyebaran/turunannya berlisensi _sama_ dengan karya aslinya

Saya barusan cek, CC BY-SA 3.0 adalah salah satu lisensi yang memenuhi kriteria karya budaya bebas[2], dan dianggap kompatibel dengan DFSG[3]

Contoh penggunaan lisensi ini: konten Wikipedia. Selain itu debian-handbook menggunakan CC BY-SA dan GNU GPL, yang dinyatakan di dalam bukunya _kompatibel_ dengan DFSG[4]

[1] https://creativecommons.org/licenses/by-sa/3.0/deed.id
[2] http://freedomdefined.org/Licenses
[3] http://wiki.debian.org/DFSGLicenses#Creative_Commons_Attribution_Share-Alike_.28CC-BY-SA.29_v3.0
[4] http://debian-handbook.info/browse/stable/