Re: setting apache

Quoting yus budiyono <yusbu@bppt.go.id>:

> salam,
>
> saya install woody sekalian sebagai web dan sql server (buat belajar).
> waktu nyoba browse localhost dan ip gak bisa. trus saya install lampp
> (paketan apache, mysql, php, dll), saya jadi bisa localhost. lucunya,
> yang dibaca masih /etc/apache/httpd.conf, bukan yang di
> /opt/lampp/http.conf. terus lamp saya remove.

daemon apache sudah jalan?

> Saya sampe sekarang masih firuge out gimana cayanya naruh webpage di
> user,

tambahkan/aktifkan direktif2 berikut di httpd.conf :

# load mod_userdir untuk memberikan layanan wwwroot di homedir tiap user
LoadModule userdir_module /usr/lib/apache/1.3/mod_userdir.so

# UserDir: Nama direktori yang akan dijadikan wwwroot user saat
# mengakses ke http://domain/~namauser

<IfModule mod_userdir.c>
    UserDir public_html
</IfModule>

#
# akses kontrol ke UserDir directories
#
<Directory /home/*/public_html>
    AllowOverride FileInfo AuthConfig Limit
    Options MultiViews Indexes SymLinksIfOwnerMatch IncludesNoExec
    <Limit GET POST OPTIONS PROPFIND>
        Order allow,deny
        Allow from all
    </Limit>
    <Limit PUT DELETE PATCH PROPPATCH MKCOL COPY MOVE LOCK UNLOCK>
        Order deny,allow
        Deny from all
    </Limit>
</Directory>

> karena di buku 'apache web server administration & e-commerce
> handbook' ceritanya semua installan apache ada di /opt/apache. dan file
> http ditaruh di htdocs/. lalu ada juga resource yang bisalng di www dan
> di public_html.

untuk memindahkan wwwroot selain dari /var/www, ubah direktif DocumentRoot di
httpd.conf
misalnya
DocumentRoot /home/wwwroot
akan menyebabkan default wwwroot dari apache menunjuk ke direktori /home/wwwroot

--
tunggul