modul - newbie

Hallo,
saya baru saja install woody, stl pindah dari Suse 8.0.
Problem saya saat ini: sound module. Saya pakai VIA soundchip.
Setelah saya load lewat modconf, terlihat modul2 yg telah terpasang.

Ternyata dg modconf tidak bisa dihapus. lalu saya pakai lsmod, disitu
muncul modul2 yg sudah termuat, dan saya bisa hapus dg rmmod.

1. Apakah yg muncul di lsmod atau di modconf itu sudah aktif dan bisa
langsung dipakai?

Stl diboot, konfigurasi lama muncul lagi.
2. Bagaimana supaya konf terakhir bisa tersimpan dan dimuat saat
booting?

Terima kasih.

Setyo