Re: EXT3, REISERFS: seberapa aman?

On Thu, Aug 22, 2002 at 10:04:28PM -0400, Abdul Latip wrote:
> Seberapa amankah ext3 dan reiserfs? Bagaimana pengalaman
> bapak-bapak (dan ibu-ibu)?

tanda kurung di atas punya intesitas SARA, mengapa ibu-ibu
diletakkan dalam tanda kurung? :-)

walaupun akan bergantung pada versi driver yang digunakan,
saya sendiri punya pengalaman jelek dengan kedua filesystem
tsb. dengan reiserfs semua file source di /usr/local/src,
hasil kerja keras bertahun-tahun nge-hack qmail/postfix/dll,
hampir disemua file ada tambahan banyak null string di akhir
file. terpaksa deh edit itu source 1 demi 1 (alamak!).

dengan ext3, pernah mengalami mail queue corruption, jadi
merasa berdosa dengan user.

dengan ext2 juga bisa terjadi kemungkinan mail corruption,
tapi hanya dan hanya jika sistem crash.

sayangnya saya bukan pada kapasistas untuk mengatakan bahwa
dua filesistem tsb. jelek (kalau ini mah semua udah pada tahu
he..he..).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja